Tahapan untuk membuat blog gratis

Postingan: cara bikin blog atau blogspot - cara membuat blogspot gratis 

blogspot gratis


Gambar di atas adalah contoh website blogspot yang tampil di halaman penelusuran google.  Website / web yang dimaksud pada postingan ini adalah situs web bernama Blog. Blog adalah aplikasi situs web dari blogger.com milik google.com yang dapat diakses di seluruh jaringan internet. Website blog dicirikan dengan nama blogspot seperti contoh pada gambar di atas yaitu www.bogorbangkok.blogspot.com. Membuat blog gratis dari google blogspot yang gratisan ini adalah pilihan yang tepat, karena dengan dukungan google.com sebagai search engine (mesin pencari) utama saat ini telah membuat web blog dominan tampil di halaman pertama penelusuran google.



Bagaimana cara membuat blog gratis?

1. Buat akun email di google, contoh namaakun@gmail.com

2. Daftar ke www.blogger.com, masukkan nama email dan password, dan klik masuk.
3. Ikuti tahapan www.blogger.com tersebut, yaitu klik lanjutkan ke blogger >> blog baru >> tuliskan/ isikan judul, nam blog, pilih template >> klik buat blog, maka situs/web baru sudah jadi.
4. Buat artikel tulisan, dan klik publikasikan, maka artikel siap tampil di internet.

Tahapan atau cara membuat blogspot gratis di atas tampak sederhana, namun akan sulit bagi para pemula. Maka dalam postingan ini akan diuraikan tahapan untuk membuat website blogspot gratis secara detil dan bergambar. Berikut tahapan cara bikin blog baru tersebut.

MEMBUAT AKUN GMAIL DI GOOGLE

Akun email di google (namaakun@gmai.com) harus ada sebelum membuat blogspot gratis. Akun gmail adalah wadah untuk masuk dan mengedit situs blogspot atau blogger. Nantinya setiap satu akun gmail dapat memiliki lebih dari satu situs blogspot.

Caranya: masuk mail.google.com >> isi data pendaftaran >> isi capta. Ini mirip dengan pendaftaran akun yahoo atau facebook.

Bagi yang belum terbisa buat akun gmail, dapat baca dan klik Tahapan untuk membuat akun gmail di google

Setelah memiliki akun gmail, baru kemudian dilanjutkan cadilanjutkan membuat blogspot gratis seperti di bawah ini. 

MENDAFTARKAN BLOG BARU KE BLOGGER.COM

Cara membuat blog gratis adalah dengan masuk dan mendaftar di www.blogger.com. Supaya mudah tinggal klik Buat Blog di Blogger.

Masukkan nama akun gmail dan password, seperti gambar di bawah ini.

akun untuk membuat blog gratis
Gambar 1. cara bikin blog - cara buat blogspot
Terkadang hanya diminta memasukkan password jika akun gmail masih aktif, yang ditandai masih terpampangnya foto dan nama akun di pojok kanan atas.

klik masuk.

Selanjutnya akan muncul halaman baru bertuliskan "Welcome to Blogger/selamat datang di blogger". Di sebelah kanan halaman tersebut terdapat pilihan langguage/bahasa. Klik dan pilih bahasa Indonesia atau Inggris (AS), atau biarkan saja dulu karena bisa diganti kapan aja setelah blog selesai dibuat. Di tengah halaman terdapat tampilan foto profil dan nama akun gmail.

Lihat diposisi paling bawah dari halaman tersebut, Klik continue to blogger/lanjutkan ke blogger, seperti gambar berikut.

cara membuat blog gratis
Gambar 2. Bagaimana cara membuat blog gratis - cara bikin blog
Kemudian muncul halaman baru, yang sebagian isinya seperti dibawah ini. 

cara membuat blog
Gambar 3 cara membuat blog gratis - cara membuat blogspot
Klik blog baru/new blog (lihat tanda anak panah) 

Kemudian muncul halaman baru yang minta diisikan judul/title, alamat/address, dan jenis template untuk dipilih, seperti gambar di bawah ini.

cara membuat blogspot gratis
Gambar 4 cara membuat blogspot gratis - cara membuat website
Halaman tersebut adalah untuk pendaftaran nama blog yang baru. Cara pengisiannya dapat dilihat contoh dari BogorBisnet.blogspot 

Ketik judul/title, judul sesuaikan dengan tema/topik utama dari blog. Judul blog juga nanti bisa diganti setelah blog selesai dibuat.

Ketik alamat/address, adalah nama untuk blog. Contoh, nama blog "bogorbisnet" dibuat dengan alasan bahwa blog tersebut tentang bisnis networking atau internet dari bogor. 

Address/alamat akan langsung dicek oleh google apakah nama itu sudah ada yang punya atau tidak. Akan ada pemberitahuan di bawah tulisan. Jika "not available/tidak tersedia" artinya tidak boleh dan nama harus diganti hingga muncul "availabe/tersedia"

Nama blog akan selalu diikuti blogspot.com. Menghilangkan "blogspot" dan mengganti dengan *.com tidak bisa selama masih gratis. Nanti dapat diganti menggunakan jasa pihak ketiga yang terhubung ke google, dan ini berbayar alias tidak gratis.

Pilih template. Template adalah bentuk tampilan situs, terutama warna dasar, bentuk tulisan dan tata letak. Setiap template ada sedikit perbedaan tampilan dengan template lainnya, dan template ini disediakan oleh google sekitar 30 macam. Sekarang pilih saja jenis simple/ sederhana, nanti bisa diganti lagi setelah blog jadi.

Klik create blog/buat blog. 

Berikutnya akan muncul halaman baru seperti gambar di bawah ini. 

dasbor blogger blogspot

Pada halaman tersebut dapat dilihat judul blog yang baru saja selesai dibuat. Ini adalah tanda bahwa blog sudah selesai dan berhasil dibuat.

Pada tampilan tersebut dapat dilihat icon (lambang gambar) seperti icon pensil untuk menulis artikel baru, icon buku untuk masuk ke dasbor blogger/daftar isi blog dan icon lihat blog/view blog untuk melihat tampilan blog. .

Jika penasaran untuk melihat bentuk tampilan blog yang sudah dibuat, silahkan klik view blog/lihat blog. Tampilan situs blog yang baru saja dibuat sudah kelihatan bentuknya, tetapi tampak masih sangat sederhana, belum ada artikel/tulisan, tidak ada gambar menarik, tidak ada menu pulldown, dll. 

Prioritas selanjutnya adalah menulis sebuah artikel

MEMBUAT ARTIKEL PERTAMA KALI DI BLOG

Disini hanya dijelaskan sedikit tentang cara membuat artikel. Cara menulis yang lebih lengkap dapat baca dan klik Cara membuat artikel di blog.

Klik create new post/buat enti baru (icon pencil) seperti gambar di bawah.

membuat blog
Gambar 5 cara membuat blog gratis - cara membuat blogspot gratis
Kemudian muncul halaman baru seperti berikut. 

tahapan membuat blogspot gratis
Gambar 6 cara membuat blog - cara bikin blog
Tulisan pertama ini dibuat yang sederhana dulu. Pertama ketik judul, lalu ketik isinya beberapa baris atau boleh penuh 1 halaman. Tulisan dari word juga dapat dicopikan disini.

Terakhir klik publikasikan, artinya artikel yang dibuat disebarluaskan untuk bisa dilihat oleh publik. 

Sampai disini situs tadi sudah bisa di test dan dilihat. 

Pilih view blog/lihat blog untuk melihat tampilan tulisan tadi. 

Coba cek/dilihat menggunakan halaman penelusuran google. Caranya ketik nama blog yang sudah dibuat. Biasanya akan muncul blog tersebut di halaman pertama paling atas. Jika muncul pertanda situs tersebut sudah masuk ke data google, hanya saja belum bisa dilacak dengan mengetikkan judul tulisan karena belum terindex.

Demikian postingan cara membuat blogspot gratis - tahapan cara bikin blog. Tahap berikutnya dari blog baru adalah belajar cara masuk ke dalam blog, membuat artikel di blog, modifikasi/memperbagus blog, dan lainnya hingga blog baru terdaftar dan terindex di mesin pencari google. Semua ini dapat dibaca dan klik terkait di bawah ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar