Panduan praktis mendaftarkan blog ke search engine

Postingan: cara mendaftarkan blog ke search engine google - cara daftar blog ke search engine


Mendaftarkan blog ke search engine adalah langkah paling penting setelah berhasil membuat website blog/blogspot. Blog yang sudah selesai dibuat dan sudah pula diisi dengan beberapa postingan artikel tidak otomatis terdaftar di search engine (mesin pencari).

Mendaftarkan blog di search engine juga langkah awal sebelum mendaftarkan/ mengirimkan/ submit sitemap ke search engine. Sitemap yang di-submit ke search engine menjadi input buat search engine untuk mengindeks blog dan artikel agar bisa tampil di halaman seach engine (halaman penelusuran). Karena itu pemilik blog baru harus mendaftarkan blog ke search engine terutama google karena website blog/blogspot adalah produk blogger milik google.  

Sementara mendaftarkan blog di search engine lain seperti yahoo dan bing dapat dilakukan belakangan, yang pada blog ini dijelaskan pada postingan terpisah.

Panduan praktis mendaftarkan blog ke search engine google

cara daftar blog ke search engine google adalah dengan mengunjungi website google webmasters tools, yaitu www.google.com/webmasters/tools/submit

Agar lebih praktis langsung dari sini klik Mendaftarkan Blog.

Selanjutnya akan tampil halaman untuk mengisi data akun gmail. Masukkan nama akun dan password dari gmail yang dipake untuk membuat website blog, lalu klik sig in/masuk, seperti dapat dilihat pada gambar di bawah ini

mendaftarkan blog

Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Ketik URL, yaitu nama blog lengkap misalnya http://namablog.blogspot.com. Isi/ketik captcha persis sama dengan contoh huruf yang diberikan (perhatikan huruf besar dan kecil serta ada spasi di antara dua buah kata), dan terakhir klik submit reguest/krim permintaan.

daftar blog

Jika tidak ada kesalahan pengisian data di atas maka akan tampil halaman pernyataan seperti dibawah ini, artinya “permintaan anda telah diterima dan akan diproses secepatnya”.

daftar blog ke search engine

Setelah berhasil mendaftarkan blog ke search engine google, tinggal tunggu dalam beberapa menit atau beberapa jam. Mendaftarkan blog di search engine hanya satu kali saja.

Demikian postingan cara daftar blog ke search engine googlecara mendaftarkan blog ke search engine, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar