Cara meningkatkan peringkat blog dengan membuat blog user friendly

Post: cara membuat tampilan blog user friendly - sebagai cara meningkatkan peringkat blog

cara membuat tampilan blog user friendly

Postingan kali ini tentang tampilan blog user friendly sebagai cara meningkatkan peringkat blog di halaman penelusuran google.  Blog yang user friendly jarang dibahas dalam artikel blog, yang lebih banyak adalah tentang tips dan trik seo friendly. 

Gambaran umum tampilan blog user friendly dan blog seo friendly
  • Kata user friendly sudah tidak asing lagi bagi para programmer. Terlebih lagi bagi desainer program aplikasi yang selalu berusaha (bahkan melakukan survei) mendesain program aplikasi agar program yang dibuat nantinya benar-benar sesuai dengan keinginan user atau pengguna.  Tampilan blog user friendly yang dimaksudkan disini adalah tampilan blog yang sesuai dengan selera pengguna/ pengunjung, sehingga diharapkan pengunjung suka dengan tampilan blog tersebut, dan berlanjut dengan keinginan pengunjung menjelajahi isi artikel dalam blog tersebut.
  • Khusus untuk website blog, selain user friendly, blog harus pula seo friendly, artinya disukai oleh mesin mencari terutama google ataupun Bing dan Yahoo (jika sudah didaftarkan). Seo (Search Engine Optimization) diperlukan karena mesin pencari itu yang secara sistematis menaikkan atau menurunkan peringkat blog di halaman penelusuran. 
  • Berdasarkan pengalaman membuat beberapa blog gratis, blog user friendly atau disukai pengunjung lebih berpengaruh besar terhadap meningkatkan peringkat blog di mesin pencari,  walaupun blog tersebut masih baru dan belum menambahkan banyak trik seo.  Tentunya seo dasar yang terpenting harus terpenuhi yaitu terdaftar di google, terverifikasi, sitemap standar dan meta taq standar (ada keyword dan deskripsi blog), serta tidak ada kesalahan yang fatal yang biasanya akan diberitahukan oleh google lewat webmasters. 
cara membuat tampilan blog yang user friendly
Contoh blog user friendly

Pengaruh tampilan blog user fiendly dalam meningkatkan peringkat blog di mesin pencari
  • Tampilan blog user friendly dapat membuat pengunjung terkesan dan ingat dengan blog tersebut.  Pengunjung akan mencari kembali blog tersebut pada hari dan waktu yang lain melalui halaman penelusuran google. Pencarian oleh pengunjung melalui halaman penelusuran memberikan efek meningkatkan peringkat blog di mesin pencari, yang akan mendorong blog mendekat ke halaman pertama di penelusuran google.

    cara meningkatkan blog di mesin pencari google
    Contoh blog di halaman pertama penelusuran google
  • Blog yang user friendly memberikan kemudahan bagi pengunjung, sehingga pengunjung dapat menguasai, mengendalikan, dan mudah menjelajahi isi dari blog.   Dengan demikian pengunjung betah dan senang "bermain-main" di dalam blog tersebut sambil terus menjelajahi semua artikel dan informasi di dalam blog.  Ini memberikan efek besar meningkatkan pageview (jumlah artikel yang dilihat). Pengunjung akan melihat beberapa artikel atau bahkan belasan artikel setiap kali masuk. Pageview yang cepat meningkat memberikan efek meningkatkan peringkat blog di mesin pencari.  Jika ini bisa diwujudkan maka posisi blog akan cepat terdongkrak ke posisi halaman pertama penelusuran google.
  • Faktanya, blog yang user friendly diakomodasi oleh mesin pencari. Tampaknya cara kerja mesin pencari google seperti seorang pelayan yang baik. Mesin pencari itu akan menyodorkan blog yang laris manis untuk tampil di halaman pertama, dan sebaliknya akan menyimpan jauh blog yang tidak laku di halaman kesekian dan bahkan tidak terlihat.

  • cara meningkatkan peringkat blog di google
    Contoh grafik peningkatan pageview blog
    (tgl 26 mei 1.000 pageview dan tgl 17 juni menjadi 7.500)

  • Gambar di atas adalah contoh sebuah blog blogspot gratis yang pernah dibuat dua bulan yang lalu. Blog itu simple dan sederhana. Pada satu minggu pertama terisi 3 buah artikel, tetapi belum ada yang lihat satupun. Pada minggu kedua ada cara mengkaitkan blog itu (melalui dofollow), dan hasilnya pengunjung mulai datang sekitar 100 pageview/hari. Minggu ketiga artikel ditambah menjadi 10 artikel, ada peningkatan menjadi 300 – 400 pageview/hari. Blog tersebut juga sudah mulai nongol/tampil di halaman 5 – 10 pada penelusuran google untuk kata kunci tertentu. Minggu keempat artikel ditambah hingga total menjadi 20 artikel, tetapi pageview stagnan pada posisi 400 – 500 saja setiap hari. Kemudian tampilan blog diubah sedikit menjadi lebih user friendly. Dua hari kemudian pageview melonjak drastis menjadi 2.000 per hari. Seiring lonjakan pageview, posisi blog naik ke posisi halaman 2 - 3 di halaman penelusuran google. Lonjakan pageview terus meningkat, hingga mencapai 4.000 pada akhir minggu kelima, artinya naik 10 kali lipat dibandingkan 7 hari sebelumnya yang hanya 400-500 per hari. Peringkat blog di halaman penelusuran google pun juga terdorong ke halaman pertama. Selanjutnya, selama dua minggu terakhir pageview blog stabil meningkat dengan range pageview 5.000 (di hari sepi) dan hampir 9.000 (di hari rame), jumlah artikel terus ditambah menjadi 40 buah, dan total pageview selama 2 bulan sejak dibuat sudah mencapai 180.000 (lihat pada grafik).
Tips cara membuat tampilan blog user friendly
  • Cara membuat tampilan blog user friendly termasuk mudah, hanya saja pemilik blog terlena dan sibuk dengan mengutak-atik meta tag dan sitemap, membuat ping, backlink dan lainnya.  Untuk blog baru,  utak-atik demikian hampir tidak berpengauh, mungkin akan berguna nanti jika peringkat dan pageview blog sudah cukup stabil dan perlu dipertahankan.
  • Tip blog yang user friendly antara lain adalah tersedia menu yang memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk menjelajahi blog, daftar isi rapi dan terstruktur, tampilan huruf dan latar tidak melelahkan mata pengunjung, hindari tampilan blog yang terlalu “ngecreng”, tambahkan gambar dan sumber untuk menghilangkan praduga negatif pengunjung terhadap beberapa blog tertentu, gunakan konsep pemasaran yang menganggap pengunjung adalah raja sehingga tidak boleh ada paksaan mengisi komentar dan lainnya.
  • Tips cara membuat tampilan blog user friendly dijelaskan lebih rinci pada postingan terpisah agar halaman ini tidak kepanjangan, yang dapat dilihat pada KLIK TERKAIT di bawah ini.

Demikian postingan cara meningkatkan peringkat blog - dengan cara membuat tampilan blog user friendly, semoga bermanfaat.  Untuk selanjutnya dapat dilihat dan klik dibawah postingan ini tentang tips yang lebih detil mengenai cara membuat tampilan blog user friendly.


KLIK TERKAIT
cara membuat tampilan blog user friendly lanjutan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar