Panduan bergambar mengubah tampilan blog baru

Postingan: cara mengubah tampilan blog atau blogspot - cara merubah tampilan blog


cara merubah tampilan blog
Bagaimana cara mengubah tampilan blog?
Mengubah tampilan blog yang masih baru menjadi lebih menarik dapat dilakukan dengan cara mengganti tampilan blog dari template yang sudah tersedia di dasbor blogger, lalu memodifikasi atau dengan cara merubah tampilan blog dari fasilitas customize/sesuaikan.  Aalternatif lain adalah dengan cara mengganti template blog dari pihak ketiga.

Postingan kali ini akan memberikan panduan bergambar tentang cara merubah tampilan blogspot, yaitu pertama dengan cara mengganti template blog dari yang ada di dasbor blogger, dan kedua dengan cara mengubah tampilan blog di customize/sesuaikan. Sedangkan cara mengganti template blog dari pihak ketiga dijelaskan pada postingan terpisah yang dapat dilihat pada link terkait dibagian bawah postingan ini.

CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG DARI DASBOR BLOGGER

Masuk ke dasbor blogger, caranya: masuk akun gmail >> klik akun >> klik produk >> klik blogger >> klik masuk daftar entri (dasbor blogger).

klik template pada dasbor blogger, maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. 

cara mengganti template blog

Pada gambar di atas diberikan petunjuk anak panah untuk memudahkan cara mengubah template blogspot. Yaitu klik template untuk masuk, klik jenis template yang mau dipilih, klik view blog/lihat blog untuk melihat tampilan blog, dan klik customize/sesuaikan untuk mengubah template blogspot secara detil.

Tunggu dulu ...... Setiap akan melakukan perubahan mendasar, termasuk mengubah template blogspot harus membuat cadangan/backup terlebih dahulu. Caranya: klik cadangan/backup yang ada di pojok kanan atas, klik unduh template lengkap (download full template), maka sesaat kemudian file template .xml akan tersimpan di folder downloads, dan terakhir klik tutup/close. Template cadangan tersebut bisa diambil kembali apabila diperlukan, yaitu ketika gagal melakukan editing template maupun html. Caranya: klik cadangan/backup, klik choose file, lalu cari dan klik file backup template .xml tadi yang ada di folder downloads, lalu klik unggah/upload, tunggu prosesnya, dan jika sudah selesai klik tutup/close.

Lanjut soal mengganti template blog, di bagian bawah dasbor blogger tersedia beragam jenis template. Template tersebut adalah template sederhana (7 macam), tampilan dinamis (7 macam), jendela gambar (3), PT keren sekali (6), tanda air (4), kelembutan (3), dan perjalanan (4). Diantara semua template tersebut yang jauh berbeda adalah template dinamis (7 buah). Tampilan template dinamis bisa berubah-ubah saat dibuka oleh pembaca/pengunjung, tetapi kelemahannya adalah lebih berat dan lama loadingnya jika jaringan internet lelet. Sekedar info saja, template yang digunakan pada blog bogorbisnet ini adalah template simple/sederhana nomor 4 (warna coklat gelap). Template warna gelap tersebut kemudian disesuaikan/ customize sehingga warna latarnya menjadi terang.

Untuk memilih template silahkan kik salah satu template. Setelah itu akan tampak penerapan template tersebut pada blog. Gunakan tanda maju > dan dan tanda < untuk menampilkan jenis template lain, dan terakhir klik terapkan ke blog/apply to blog (lihat anak panah), seperti gambar dibawah ini. 

mengubah tampilan blog

Untuk melihat hasilnya, klik lihat blog/view blog yang terletak di bagian atas. Jika tampilannya masih kurang menarik, ulangi lagi cara mengganti template blog seperti dijelaskan di atas.

CARA MERUBAH TAMPILAN BLOG DENGAN CUSTOMIZE

Selanjutnya akan dijelaskan cara mengubah tampilan blog dengan cara customize/sesuaikan. Klik customize/sesuaikan, maka akan muncul halaman untuk editing template seperti gambar berikut:

mengubah tampilan blog

Terdapat lima pilihat editing template, yaitu (1) template, untuk mengganti template seperti langkah sebelumnya, (2) latar belakang/background, untuk mengganti gambar latar di belakang template, (3) sesuaikan lebar/adjust widths, untuk mengubah lebar tampilan blog, (4) tata letak/layout, untuk memilih bentuk samping dan bawah blog, dan (5) tingkat lanjut/andvanced, untuk mengatur macam-macam (banyak hal). Tetapi tidak semua dari 1-5 itu yang aktif untuk bisa diubah, tergantung dari jenis template yang dipilih. Khusus untuk pilihan ke-5 tingkat lanjut, pilihannya sangat banyak seperti dapat dilihat pada gambar tersebut di atas, mulai dari warna latar, huruf judul, isi, dan lainnya.

Silahkan semuanya di klik dan perubahannya dapat terlihat langsung. Jika sudah selesai, klik terapkan di blog dan klik kembali ke blogger yang terletak di bagian pojok kanan atas. Untuk melihat hasil tampilannya klik view blog/lihat blog. Jika ternyata hasilnya tidak memuaskan silahkan customize/sesuaikan lagi, atau kembali gunakan template yang lama yang sudah dibuatkan backup/cadangan.

CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG DARI PIHAK KETIGA

Jika belum puas dengan penggantian dan customize template yang ada di dasbor blogger, perlu mencoba-coba mengganti template yang disediakan gratis oleh pihak ketiga. Pihak ketiga adalah pihak lain selain google yang menyediakan berbagai macam template yang sebagian gratis. Template tersebut umumnya lebih berat/lambat loading dan ada embel-embel lain misalnya ada tambahan widget yang tidak dibutuhkan oleh blog. Tapi boleh dicoba, karena ada juga yang tergolong loadingnya cepat. Untuk informasi mengganti template blog dari pihak ketiga tinggal baca dan klik disini.

Demikianp postingan cara merubah tampilan blog / blogspot - cara mengubah tampilan blog, semoga bermanfaat.

KEMBALI KE
Tahapan untuk memperbagus tampilan blog baru



Tidak ada komentar:

Posting Komentar