Panduan praktis untuk verifikasi blog di search engine

Postingan: cara verifikasi blog di search engine - dan cara mendapatkan kode verifikasi google

Verifikasi blog perlu dilakukan setelah mendaftarkan blog ke search engine. Jika blog belum didaftarkan ke search engine, maka daftarkan terlebih dahulu, seperti dapat dibaca dan di klik disini. Hasil akhir dari verifikasi blog adalah mendapatkan kode verifikasi yang kemudian kode tersebut dimasukkan ke dalam halaman HTML blog. Untuk search engine bing/yahoo dan alexa, kode verifikasi tersebut harus ada. Sedangkan bagi google, blog yang sudah mendaftar tetapi belum memasukkan kode verifikasi masih dapat diindeks, ini mungkin karena blog/blogspot adalah produk dari blogger milik google sendiri.

Pada postingan ini diberikan panduan praktis cara verifikasi blog di search engine google, sedangkan pendaftaran dan verifikasi di search engine yang lain dijelaskan secara terpisah.

CARA MENDAPATKAN KODE VERIFIKASI BLOG DARI GOOGLE


Cara mendapatkan kode verifikasi google adalah dengan mengunjungi website google webmasters verification, yaitu www.google.com/webmasters//verification/. Agar lebih praktis langsung dari sini klik Verifikasi blog

Selanjutnya akan tampil halaman seperti dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Pada gambar tersebut dapat dilihat URL/nama blog sudah ada pada gambar. Jika URL belum tercantum bisa jadi karena belum mendaftar atau sudah mendaftar tapi masih dalam proses, atau bisa jadi karena akun gmail belum diaktifkan (jadi aktifkan dulu akun gmail).

kode verifikasi google

Klik URL yang sudah muncul tersebut. Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini.
cara verifikasi blog

Klik verify using a different method. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

mendapatkan kode verifikasi

Klik HTML tag. Setelah itu akan tampil halaman yang berisikan kode verifikasi dari google, seperti pada gambar dibawah ini.

cara verifikasi blog

Kode verifikasi ini nanti diambil dengan cara di copi dan di pastekan ke dalam halaman HTML blog. Tetapi sebelum dicopi buka dulu dasbor blogger pada halaman terpisah. Sementara halaman Webmaster verifikasi yang berisikan kode tadi jangan ditutup dulu karena akan digunakan lagi.

CARA MEMASUKKAN KODE VERIFIKASI BLOG KE HALAMAN HTML

Cara memasukkan kode verifikasi blog adalah dengan cara masuk/buka dasbor blogger di halaman terpisah dari halaman webmasters verification. Artinya halaman webmaster dan halaman dasbor blogger sama-sama jalan keduanya.

Cara masuk ke dasbor blogger adalah seperti biasa, masuk dari akun gmail, pilih produk, pilih blogger, klik daftar entri/post entry.

Selanjutnya untuk membuka halaman HTML blog, klik template pada dasbor blogger, klik edit HTML, maka akan tampil halaman HTML seperti gambar di bawah.

cara verifikasi di blog

Cari tulisan <head> dan </head> karena kode verifikasi akan dicopikan diantara <head> dan </head>. Biasanya <head> berada pada baris ke 5 - 15 . Untuk mencari kata dapat juga dilakukan dengan CTRL F, ketik kata yang dicari, dan enter. Bagi yang sudah memiliki meta taq, kode verifikasi ditempatkan di barisan meta conten.

Kemudian masuk ke halaman Webmaster verifikasi yang masih terbuka, ambil/copi kode tadi dengan menggunakan CTRL C, dan pastekan (CTRL V) ke halaman HTML diantara <head> dan </head>, lalu klik simpan/save. 

Jika ada kesalahan penempatan kode tadi akan dapat pemberitahuaan dan tidak bisa di simpan. Jika tidak bisa disimpan maka ganti susunan kode verifikasi tadi menjadi seperti dibawah ini:

<meta content='6uyPPiCooyrnK0Jkx0RcwehzNN-xZj7UKYj5LBiYbCo' name='google-site-verification'/>

Simpan lagi, dan back/kembali.

Setelah disimpan, kembali ke webmaster verifikasi, disana klik verify/verifikasi. Tunggu sesaat webmaster memverifikasi blog berdasarkan kode yang telah dimasukkan di HTML blog. Jika berhasil maka akan tampil tulisan pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.

cara verifikasi di search engine

Setelah berhasil verifikasi blog, halaman webmaster silahkan ditutup.

Verifikasi hanya satu kali saja. Jika kode verifikasi di halaman HTM blog tidak ada, bisa karena terhapus tidak sengaja atau karena mengganti template , kode verifikasi bisa diambil lagi dengan cara proses dari awal tadi. 

Demikian postingan cara mendapatkan kode verifikasi google - dan cara verifikasi blog di search engine,   semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar